Kamis, 01 November 2012

Bulan di Hari Kemenangan



Ada keraguan di kalbu yang menyelip jauh di kalbu Sebastian, untuk menyambangi Carolin yang hampir 5 tahun tenggelam dalam peraduan egonya. Antara dia dan gadis lesung pipit ini memang selalu dibatasi “langit bersusun tujuh”,karena  masing terpagut dengan hasrat yang bertanam di halaman hati masing-masing. Sebastian bagaikan karang terjal, selalu menjinjing ego yang kuat. Kala dia sudah berniat mengapai apapun , semuanya adalah harus menjadi miliknya. Meski hingga sampai kini diapun merasa hanya hidup bagaikan daun hijau yang berteman angina kembara.

Sedangkan Caroline anak mama, putra seorang developer di kota Semarang, hanya  bayangan semu selama dekat di hati Sebastian sejak mereka duduk di kelas XI sebuah SMU. Caroline laksana Madam Julia Peron dari Argentina, yang hidup merengkuh emas dan berlian si singasananya da kehidupan sekelilingnya. Meski jauh dalam hatiya dia merasa kagum dengan cowok eksentrik namun cerdas yang senang berphose apa adanya. Dasar Sebastian adalah cowok ganteng dengan rambut ikal, maka apapun perangainya selalu saja menrik simpatik Carolin.

Kemanapun kaki sang Romie ini melangkah, Juli pasti membayanginya. Mereka berdua bagaikan angina laut yang liar dan ombak laut yang bergelora. Namun ombak yang bergelora tersebut tidak pernah mampu menyatukan tangan dengan angina yang memusarinya.

Gema takbir hari kemenangan mulai menggema dari cakrawala semua arah, senja kali ini menjadi senja yang paling benderang di muka bumi. Seribu malaikat telah menggelarkan sayapnya, menaburkan maghfiroh untuk insan yang mengusung keteduhan hati, termasuk Sebastian, yang sudah lima tahun setelah berpisah dengan Caroline bagaikan perahu yang koyak layarnya, sehingga untuk menepikan sauhnya di pelabuhan hatinya, diapun tidak memiliki keberanian. Kerap kali memang Carolinn melintas di hatinya, namun seketika itu juga bayangan itu menghilang tersapu angin badai yang ganas.

Untuk menyelipkan hidup yang dia inginkan hanya ada di guratan wajah bulan, yang dia perhatikan kala sendiri duduk di beranda rumah kontrakan di pinggir kota. Mungkinkah Caeolin ada di wajah bulan, yang bertaut dengan kuning sinarnya yang selalu saja merajut warna warna pelangi di cakrawala senja hidupnya,desah hati seperti itu selalu saja hadir di bilah hidupnya.

Namun manusia tetap saja manusia, yang semua nasib kodrat dan suratan takdir manusia berada di tanganNYA, gema takbir, tahlil dan tahmid telah meresap jauh ke jantung hatinya. Telaga sejuta warna dalam hatinya, menepis menjadi warna putih bersih yang mampu  mencelupkan semuanya asanya untuk menemui Carolin, yang sekarang berada di istana kehidupanya.

Rumah itu masih seperti dulu, berasiktur “jawa kuno” dengan dinding dan genteng yang kokoh. Namun warna tembok dan keramik lantainya telah berganti dengan warna putih polos. Bukankah papi Carolin sangat menyukai variasi warna yang mencolok, mengapa sekarang warna warna itu telah hilang. Ataukah mungkin ini selera Carolin, yang dia tahu persis adalah cewek yang tidak suka variasi warna yang mencolok. Degup jantungnya segera memburu anganya,maka kini di hatinya muncul. Jari telunjuknya tanpa keraguan kini memencet tombol bel yang ada di samping pintu gerbang yang juga telah berganti dengan warna hitam legam.

“Maaf Om, Carolin ada?”
“Anda siapa?” jawab pria setengah baya yang ada di depan pintu gerbang.

Belum pernah Sebastian merasakan badai yang dasyat yang menerpa halaman hatinya. Kemana Carolin, kemana papi dan mamanya yang dulu sangat akrab dan simpatik sama dia.

“Saya teman SMU Carolin, Om !. Apa Carolin sudah pindah Om ?”
“Oh, silakan masuk Mas, Om ceritakan di dalam saja “

Satu demi satu kata yag keluar mulut laki-laki itu di dengarkan oleh Sebastian,yang kiniterbang tak menyentuh bumi lagi, melayang entah kemana.

“Itulah Mas, sejak Pak Benhard meninggal karena kanker ganas, Karolin dan maminya sekarang pindah entah kemana. Semua hartanya telah habis terjual untuk obat dan biaya hidup keluarga itu yang terlanjur mewah. Aku beri alamat terakhir Karolin. Sekarang tinggal di Padang”. Kertas kumal berisi alamat Carolin kini disimpan di domper dekilnya Sebastian. Kedua tanganya kini bergetar, Carolin mengapa kau tidak memberi kabar untukku. Akupun siap  mengatarmu dalam merajut hidup yang tiada menentu.

Beruntung Sebastian masih kebagian tiket pesawat yang langsung terbang dari Semarang ke Padang.Tanpa menemui kesulitan Sebastian kini berada di ujung gang yang dituju. Kota Padang masih menyisakan nafas peayaan Hari Kemenanga. Sebuah rumah sederhana kini berada di depannya, halamanya tiada seberapa luasnya dan di pojok depan halaman itu telah berdiri warung panganan yang banyak dikunjungi pembeli.

Darah yang mengalir di nadi Sebastian kini terasa berhenti, kerongkonganya kini tesumbat bara api yang panas hingga menyesakan dadanya. Diamati cewek yang berada di dalam warung panganan itu, ternyata dia Caroline, ya Carolin, aku tidak pangling.

“Mari Mas, silakan duduk, silakan merasakan cendol dan panganan lainnya, oh,kau..kau..benarkah kamu Ian. Mengapa kau disini. Mari masuk ke dalam Yan !”

Tubuh yang menyisakan ketidakpercayaan itu kini direbahkan pada kursi penjalan tua yang lusuh dan masih ditebari debu, pertanda tidak pernah dirawat pemilikya dengan baik.
“Yan, kamu dari mana saja, mengapa kamu sekarang di Padang, dari mana kamu tahu alamatku, Yan, dari Pak Stewart ?. Dan kini kau tahu semuanya tentang aku ?”.
“Aku kemarin memang ke Gajah Mungkur dan ketemu Pak Stewart,lantas dia memberiku alamat ini?”
“Sekarang inilah aku, ini aku Carolin maka wajar saja kamu nggak pernah mau calling aku, setelah aku jatuh”
“Buktinya sekarang aku ke sini”
“Lantas apa maumu, kamu mau berteriak sekeras kerasnya pada semua orang, kalau Carolin sekarang jatuh miskin ?”
“Ah,simpan saja perasaanmu itu Carolin. Aku memang lama nggak ngasih kabar,  maafkan aku Carolin. Inika suasana yang baik untuk saling memaafkan”
“Lantas kemana saja kamu selama ini ?”
“Aku hidup tiada menentu selama lima tahun, aku kerja dari studio ke studio lainnya. Pengalaman yang aku miliki hanya bagian produksi di studio radio atau design grafis. Penghasilanku tiada menentu, padahal aku harus hidup mandiri”
“Keadaanmu tidak jauh berbeda dari aku, Yan. Aku hanya seorang pedagang cendol”
“Sudahlah. Carolin. Semuanya pasti akan berakhir. Mengapakamu tinggal di sini?”
“Ini rumah milik Om Hendra, aku dan mama serta Devi hanya bisa menempati sesukaku. Sementara mama mbantu catering di perusahaan Om Hendra. Aku dan Devi bergantian di warung itu, Yan”
“Bagiku kehidupan seperti itu sudah akrab sejak aku di SMA. Bapaku hanya pegawai kecil kecilan,sedangkan ibuku pedagang di pasar Karang Jati. Maka waktu SMA dulu aku selalu menjauh darimu”
“Sudahlah, tolonglah Yan, aku minta kau lupakan masa masa itu”
“Namun aku kini sudah ada di depanmu. Kau masih Carolin yang dulu kan?”

Karolin hanya menghiasi wajahnya dengan senyuman kecilnya. Senyuman yang membuat Sebastian hendak merengkuh dunia dan isinya. Senyuman itulah yang lima tahun selalu menjaga pintu hatinya. Sekarang diapuntak mau lagi kehilangan wangi bunga di taman hatinya.

“Karolin, pulanglah ke Semarang lagi. Aku sekarang udah punya studio grafis sendiri, dan designku telah banyak dicari biro iklan da lain sebagainya. Aku butuh bantuanmu dan juga dirimu. Kita akhiri saja semuanya, Kita berpisah dulu tiada satu patah katapun kita sepakati, demikian juga hari ini, sebuah pertemuan lagi tiada banyak kata yang dapat aku tuturkan”

Bintik air mata kini muali merebak di benung mata Karolin, menambah pesona wajahnya yang ayu. Sebastianpun tehu persisi bahwa rembulan kini telah memenuhi ruang dadanya pada hari kemenangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar